Rabu, 02 Desember 2015

Makanan Kegemaran Rasulullah SAW

Rasulullah SAW adalah pemimpin bagi umat islam, maka selayaknya kita sebagai umatnya harus mencintai dan mentauladaninya. Dalam sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim sebagai berikut :
“Tidak sempurna keimanan diantara kalian sampai diriku menjadi seorang yang lebih dia cintai dari pada ayahnya, anaknya, dan seluruh manusia.” (HR Al-Bukhari & Muslim).
Dalam wujud bahwa kita mencintai Rasulullah SAW, kita dapat meniru segala apa yang dilakukannya, seperti memilih makanan yang halal lagi baik.

            Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk hidup sederhana, dan itu dibuktikan bahwa Rasulullah SAW tidak gemar makan secara berlebihan dan beliau makan secukup dan sekedarnya saja, serta tentunya makanan yang beliau pilih adalah makanan yang sehat dan memiliki banyak manfaat. Ada beberapa jenis makanan yang disukai oleh Rasulullah SAW, diantaranya :

1.      Madu
Rasulullah SAW sering sekali mengkonsumsi madu. Secara kesehatan, madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan, propolis, enzim dan serbuk sari, vitamin dan mineral dalam madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. Madu juga merupakan antioksidan yang kuat yang menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Madu diserap dalam aliran darah secara bertahap oleh karena itu madu tidak menyebabkan diabetes, serta madu sangat efektif untuk penyakit pernafasan.

2.      Susu Kambing
Rasulullah SAW gemar meminum susu kambing. Pada susu kambing banyak keistimewaan di dalamnya. Susu kambing adalah makanan yang paling lengkap, susu kambing mengandung vitamin, mineral, elektrolit, unsure kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang mudah diserap oleh tubuh. Susu kambing merupakan obat terbaik untuk membangun kembali jaringan otak, sel-sel tubuh, system syaraf, dan kemampuan mental. Dua sifat yang dimiliki susu kambing adalah membantu mencegah anemia, kekurangan zat besi dan membantu pencegahan menghilangnya mineral pada tulang atau yang disebut dengan pelunakan tulang/osteoporosis.

3.      Labu
Rasulullah SAW sangat gemar memakan buah labu, Anas Bin Malik menceritakan bahwa “Rasulullah suka sekali makan labu. Suatu hari Rasulullah diajak makan, Aku pun mengikuti beliau dengan pandanganku. Aku sengaja meletakkan potongan labu kehadapan Beliau, karena Aku tahu beliau amat suka labu.” (HR. Tirmidzi & Abu Daud). Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, buah labu sangat efektif membunuh bakteri, selain itu buah labu mengandung vitamin A dan Betakarotin yang sangat berguna bagi kesehatan mata dan kulit, kekebalan tubuh serta reproduksi, bahkan buah labu juga memiliki manfaat sebagai antioksidan yang dapat mengurangi resiko terjadinya kanker dan penyakit jantung.

4.      Buah Kurma
Rasulullah SAW sangat menyukai buah kurma, dan Beliau pernah bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yaitu:
“Rumah yang didalamnya tidak ada kurma, penghuninya adalah orang-orang lapar.” (HR Bukhari). Bahkan dalam kitab suci Al-Qur`an, Allah menyebut pohon kurma sebanyak 20 kali.

            Buah kurma adalah salah satu buah yang lengkap kandungan gizinya, kurma mengandung berbagai unsure mineral yang diperlukan oleh tubuh, yaitu posfor, kalsium, magnesium, besi, sodium, sulfur, dan klorin. Selain itu kurma mengandung vitamin A, B, C, dan Biotin. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, sebiji kurma terdiri atas 21% air, sejumlah besar vitamin, 2,1% protein nabati, 18% lemak, 73% gula dan 3% serat.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...