Rabu, 02 Desember 2015

Seberapa Besarkah Jagad Raya ?

Jagad raya adalah tempat yang sangat besar, kita bisa langsung tau mengenai luas nya jagad raya ini. Untuk mengetahuinya kita bias mengunjungi planetarium mempelajari atau menatap langit di luar angkasa pada malam hari yang cerah. Bagi para astronomi dan ahli kosmos yang memepelajari jagad raya mereka menghitung jumlah galaksi dengan jumlah yang tak terhingga jumlahnya, dank arena itu tidak ada yang tau pasti berapa jumlah galaksi yang ada di jagad raya ini. Dengan banyaknya jumlah galaksi di jagad raya ini membuat sebagian besar kita tidak memperdulikan kebesaran jagad raya ini, dan kembali kepada aktivitas keseharian kita serta mengabaikan kebesaran jagad raya ini. Banyak orang beranggapan jika banyak aktivitas yang lebih penting dilakukan dari pada memikirkan betapa luasnya jagad raya ini, betapa besarnya ciptaan Allah SWT ini.

Jika sejenak kita merenung betapa besarnya jagad raya in, dengan jumlah galaksi yang tak terhingga. Walaupun otak kita tidak terbiasa untuk bisa menggambarkan angka 78 milyar. Ukuran jagad raya ini berkisar sejauh 78 milyar tahun cahaya.
Pada tahun 1995 teleskop ruang angkasa Hubble merekam selama 10 hari ke salah satu bagian sudut luar angkasa, hasilnya sebuah gambaran yang luar biasa mengenai jagad raya. Ribuan galaksi terlihat memenuhi gambar tersebut. Kira-kira sekitar 3000 galaksi terlihat dari satu sudut angakasa, yang sebelumnya tak terlihat.

            Dari hal tersebut mari kita berfikir sejenak, kita tinggal pada sebuah planet, satu diantara delapan planet yang terdapat pada tata surya kita. Planet-planet ini mengelilingi sebuah bintang yang kita sebut “Matahari”. Bintang/matahari kita terletak pada galaksi, satu diantara lima ratus juta bintang-bintang lainnya.

            Terdapat sebuah galaksi spiral yang terletak pada gugusan Ursa Mayor, sebuah galaksi yang mirip dengan galaksi kita yaitu galaksi Bimasakti. Jika dilihat melalui teleskop Hubble terlihat bahwa galaksi ini memiliki planet dan bintang/matahari seperti halnya galaksi bimasakti. Berdasrkan bukti ini bahwa teori yang menyatakan bahwa planet bumi mungkin merupakan satu-satunya planet di jagad raya yang terdapat kehidupan justru terdengar tidak mungkin. Yang terfikir dalam benak kita justru sepertinya ada banyak planet yang mungkin mirip dengan planet kita.

            Galaksi kita hanyalah satu diantara banyak galaksi dalam sekelompok tata surya kita. Dan terdapat sangat banyak galaksi di jagad raya ini. Dari foto yang tertangkap oleh teleskop Hubble ini telah bisa memberikan sedikit gambaran mengenai berapa besar kira-kira jagad raya ini.

            Pada bulan September 2003, teleskop Hubble mengambil beberapa foto lagi yang kali ini menyoroti sisi lain dari jagad raya dan merekam gambar selama kira-kira 11 hari. Pada gambar yang diambil ada bagian yang disebut “Ultra Dalam” yang menunjukan bagian paling jauh yang pernah kita amati di jagad raya ini. Lebih dari 10.000 galaksi terlihat pada gambar tersebut, dan ini membuktikan betapa besarnya jagad raya ini dan betapa kecilnya kita di jagad raya ini. Dan semoga hendaknya kita selalu bersyukur dan mengingat kebesaran dari Allah SWT yang telah menciptakan jagad raya dan seisinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...