Selasa, 18 September 2012

Mobile Application Development


Mobile Application Development “Hello Android

Kali saya bakal posting yang berkaitan dengan tugas kuliah perancangan aplikasi mobile (PAM) dimana pada tugas ini bertujuan agar kami mengenal pemrograman androids.. emang awal nya agak sedikit bingung neh gimana cara nginstal emulator android. Tapi dengan membaca ratusan tutorial (lebay..  :D) akhirnya bisa juga..
Kali ini kita memulai dengan membangun program sederhana yaitu hello word..  bagi tahap awal programmer suatu bahasa pemrograman tidak afdol rasanya kalo belum membikin program hello word. Pas banget tugas perancangan aplikasi mobile buat itu..
Yuk dimulai aja…   J
Pada tahap awal kita buat project baru..   yaitu pilih File >> new >> project. Setelah itu akan ada  option dari project tersebut, dan pilih “android application project


Selanjutnya pilih tombol “next” , dan akan muncul kolom isian yang harus kita isi dengan project yang ingin kita buat dan pilih SDK android berapa yang hendak kita buat dan API dari android tersebut..


Selanjutnya pilih launcher icon yang akan ditampilkan pada aplikasi android yang ingin kita buat.

Dan selanjutnya pilih Activity dari aplikasi android tersebut apakah aplikasi tersebut berjalan sendiri  dengan tampilan layar independen(Blank activity) atau Master detail flow yaitu membuat aplikasi tersebut secara detail dengan berbagai aliran data.

Kemudian akan tampilan kolom isian judul dari aplikasi android tersebut..

Untuk membuat hello word ini kita bisa langsung menggunkan fasilitas drag and drop yang disediakan, jadi gak perlu focus dulu pada coding program, santai aja dulu ntar pusing..  hehe  :D
Untuk membuat tulisan “Hello Android” kita bisa memanfaatkan form widget TextView , cara gunain nya tinggal drag and drop aja ke graphical layout yang ada tersebut..

Dan ini listing program java aplikasi hello word android tersebut :

Dan berikut listing program xml aplikasi hello word android tersebut :

Dan setelah itu untuk melihat hasil nya kita menggunkan Android Virtual Demulator (AVD) dengan memilih Run atau CTRL + F11 dan memilih android application

Setelah program di Run maka program tersebut akan berjalan di android emulator seperti gambar berikut :

Nah gampang bukan, :D   sebenar nya saya sangat tertarik dengan pemrograman aplikasi android, karena dari segi bisnis aplikasi android sangat bagus peluang bisnis nya..


Mobile Application Development “Hitung Diskon

Dan dalam tugas yang sama pada mata kuliah Mobile Application Development, dimana tugas nomor dua ini yaitu membuat program sederhana menghitung persentase diskon. Kondisi nya seperti ini jika si A berbelanja di supermarket dengan harga barang Rp. 43.000,-  dan ia mendapat potongan diskon 8%, dan berapa si A harus membayar barang tersebut??  (hehe..  soal anak SD  :D), emang sih soal anak SD tapi masalah nya mesti buat program nya??  Pusing  -_-“
Yuk kita coba aja program nya.
Seperti biasa dalam pembuatan aplikasi android ada dua program utama yang harus kita kuasai..  yaitu  java dan xml.
Berikut listing program xml yang digunakan dalam mendesain layout pada aplikasi hitung diskon ini :



Dan berikut listing program java dari aplikasi android tersebut :

Dan jika 2 program tersebut berhasil dijalan kan maka akan tampak hasil sebagai berikut :

Demikian tugas mata kuliah Mobile Application Development ini saya buat, semoga sukses dengan tugas selanjutnya..  :D

Senin, 17 September 2012

Cara Mudah Install Android Simulator


 kali ini kami ingin memberikan tutorial bagaimana cara menginstall simulator Android ke Personal Computer (PC). 
Cara Mudah Install Android Simulator Ke Dalam PC Image

Dengan menggunakan aplikasi ini, anda tidak perlu lagi membeli gadget Android secara langsung jika hanya ingin mencoba fitus basic dari Andorid. Hanya saja, didalam Aplikasi ini kita tidak bisa menikmati beberapa fitur asli gadget Android seperti Market untuk meng-install aplikasi-aplikasi yang keren.
Sebelum proses install Android Simulator, anda harus mempersiapkan beberapa hal dan ada beberapa yang harus anda download terlebih dahulu:
Langkah-langkah:
  1. Ekstrak File Zip Android SDK yang sudah telah kita Download tadi, kemudian jalankan file SDK MANAGER.EXE.
    Cara Mudah Install Android Simulator Ke Dalam PC Image
  2. Akan keluar Jendela Command, tunggu beberapa saat maka aplikasi akan keluar.
  3. Disana kita bisa melihat beberapa Nama-nama Android yang sudah di update, pilih salah satu jenis Android yang ingin anda coba (saran penulis, Coba satu saja karena tidak akan bisa di jalankan sekaligus). Kemudian klik Install Package.
    Cara Mudah Install Android Simulator Ke Dalam PC Image
  4. Tunggu beberapa saat, proses men-download paket Android yang anda pilih sedang berlangsung. Jika proses installasi telah selesai, maka akan muncul beberapa notifikasi yang memberitahukan bahwa Installasi telah selesai di download.
    Cara Mudah Install Android Simulator Ke Dalam PC Image
  5. Pilih menu Tools > Manages AVDs. Maka akan keluar Android Virtual Device Manager. Klik New pada pilihan di kanan, kemudia aturlah dan isi kolom-kolom sesuai dengan Jenis Android yang kita pilih tadi, lebih jelasnya Anda bisa melihat gambar dibawah ini.
    Cara Mudah Install Android Simulator Ke Dalam PC Image
  6. Klik satu kali pada nama device yang baru kita buat lalu klik menu START.
    Cara Mudah Install Android Simulator Ke Dalam PC Image
  7. Bersabar saja menunggu, karena Android sedang mempersiapkan Tampilannya.
    Cara Mudah Install Android Simulator Ke Dalam PC Image
  8. Setelai selesai maka anda bisa melihat tampilan Jenis Android yang ada pilih tadi, pada gambar di bawah ini saya mencoba menggunakan Android 1.5 .
    Cara Mudah Install Android Simulator Ke Dalam PC Image
Sekarang, anda bisa mencoba sistem operasi yang terkenal ini tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun dan berkesempatan menjadi pengembang software Android. Dalam Android Simulator ini kita juga dimungkinkan untuk mencoba Android terbaru versi 4 Ice Cream Sandwich.




Source : http://blog.fastncheap.com/

Jumat, 14 September 2012

halo android



udah lama gak ngeblog akhirnya ada waktu buat ngeblog lagi...   kali ini isi blog saya akan lebih terfokuskan kepada android..  ayo siapa coba yang gaka bakal tergila gila sama android kalo udah kenal sama yang sama satu ini prospek bisnis nya menjanjikan banget..   apalagi mendukung bangat buat TA..
kali ini cuma say hai..  ntar deh saya post tentang android..

bye...   :D :D :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...