Selasa, 18 September 2012

Mobile Application Development


Mobile Application Development “Hello Android

Kali saya bakal posting yang berkaitan dengan tugas kuliah perancangan aplikasi mobile (PAM) dimana pada tugas ini bertujuan agar kami mengenal pemrograman androids.. emang awal nya agak sedikit bingung neh gimana cara nginstal emulator android. Tapi dengan membaca ratusan tutorial (lebay..  :D) akhirnya bisa juga..
Kali ini kita memulai dengan membangun program sederhana yaitu hello word..  bagi tahap awal programmer suatu bahasa pemrograman tidak afdol rasanya kalo belum membikin program hello word. Pas banget tugas perancangan aplikasi mobile buat itu..
Yuk dimulai aja…   J
Pada tahap awal kita buat project baru..   yaitu pilih File >> new >> project. Setelah itu akan ada  option dari project tersebut, dan pilih “android application project


Selanjutnya pilih tombol “next” , dan akan muncul kolom isian yang harus kita isi dengan project yang ingin kita buat dan pilih SDK android berapa yang hendak kita buat dan API dari android tersebut..


Selanjutnya pilih launcher icon yang akan ditampilkan pada aplikasi android yang ingin kita buat.

Dan selanjutnya pilih Activity dari aplikasi android tersebut apakah aplikasi tersebut berjalan sendiri  dengan tampilan layar independen(Blank activity) atau Master detail flow yaitu membuat aplikasi tersebut secara detail dengan berbagai aliran data.

Kemudian akan tampilan kolom isian judul dari aplikasi android tersebut..

Untuk membuat hello word ini kita bisa langsung menggunkan fasilitas drag and drop yang disediakan, jadi gak perlu focus dulu pada coding program, santai aja dulu ntar pusing..  hehe  :D
Untuk membuat tulisan “Hello Android” kita bisa memanfaatkan form widget TextView , cara gunain nya tinggal drag and drop aja ke graphical layout yang ada tersebut..

Dan ini listing program java aplikasi hello word android tersebut :

Dan berikut listing program xml aplikasi hello word android tersebut :

Dan setelah itu untuk melihat hasil nya kita menggunkan Android Virtual Demulator (AVD) dengan memilih Run atau CTRL + F11 dan memilih android application

Setelah program di Run maka program tersebut akan berjalan di android emulator seperti gambar berikut :

Nah gampang bukan, :D   sebenar nya saya sangat tertarik dengan pemrograman aplikasi android, karena dari segi bisnis aplikasi android sangat bagus peluang bisnis nya..


Mobile Application Development “Hitung Diskon

Dan dalam tugas yang sama pada mata kuliah Mobile Application Development, dimana tugas nomor dua ini yaitu membuat program sederhana menghitung persentase diskon. Kondisi nya seperti ini jika si A berbelanja di supermarket dengan harga barang Rp. 43.000,-  dan ia mendapat potongan diskon 8%, dan berapa si A harus membayar barang tersebut??  (hehe..  soal anak SD  :D), emang sih soal anak SD tapi masalah nya mesti buat program nya??  Pusing  -_-“
Yuk kita coba aja program nya.
Seperti biasa dalam pembuatan aplikasi android ada dua program utama yang harus kita kuasai..  yaitu  java dan xml.
Berikut listing program xml yang digunakan dalam mendesain layout pada aplikasi hitung diskon ini :



Dan berikut listing program java dari aplikasi android tersebut :

Dan jika 2 program tersebut berhasil dijalan kan maka akan tampak hasil sebagai berikut :

Demikian tugas mata kuliah Mobile Application Development ini saya buat, semoga sukses dengan tugas selanjutnya..  :D

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...