Senin, 07 Mei 2012

Laporan PPL Bab I - III





BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
               Perkembangan teknologi yang selalu meningkat dan komputer sebagai alat bantu yang mempunyai kemampuan di dalam bidang pengolahan data dan informasi, serta dapat membantu untuk menyelesaikan laporan pengolahan data yang dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat, cepat dan akurat. Dan pada umunnya disetiap instansi pemerintahan telah menggunakan sistem informasi yang terkomputerisasi dan  menggunakan fasilitas yang disediakan oleh program aplikasi yang akan mempermudah dan memperlancar proses pengolahan data dalam jumlah besar sehingga setelah diolah akan menghasilkan beberapa informasi.
               Oleh sebab itu, komputer dapat mengolah informasi yang ada di dalam suatu instansi, untuk menghasilkan informasi baru yang dapat memberikan banyak manfaat, sehingga dapat mendorong perkembangan dan kemajuan instansi pemerintahan tersebut. Dalam hal ini instansi dinas pasar dapat menggunakan sistem informasi yang terkomputerisasi yang merupakan solusi yang tepat untuk diambil jika nantinya tidak mau banyak permasalahan yang akan muncul.
            Bagian pengembangan sarana dan prasarana dalam melakukan pengelolaan terhadap laporan sarana & prasarana di Pusat Bahasa Uin Suska Sukajadi masih secara manual. Pembuatan sistem informasi ini merupakan salah satu alat bantu dalam mengelola data-data seluruh laporan dibagian sarana & prasarana. Dimana system ini dapat membantu memudahkan admin dalam melihat, memasukkan, memperbaharui, menghapus data serta mencetak. Sehingga data-data pengolahan tersebut dapat terdokumentasi dengan baik. Sistem ini akan dibuat dengan tampilan web based yang mudah dipahami dan dimengerti pengguna dan Kerjasama pihak dinas pasar dengan mahasiswa adalah solusi yang sangat strategis untuk menciptakan sistem informasi yang terkomputerisasi yang berbasis teknologi (web based).



1.2 Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang diatas dapat diambil suatu rumusan masalah yaitu, bagaimana merancang dan membangun suatu Sistem Informasi Mahasiswa dan Akademik Pusat Bahasa UIN SUSKA RIAU  yang dapat membantu dosen mengelola data dan membantu mahasiswa dalam daftar ulang.
1.3 Batasan masalah
Agar pembahasan yang dilakukan tidak terlalu luas, maka diperlukan batasan masalah, yaitu:
1.      Tidak melakukan pendataan Mahasiswa, hanya mengambil data dari database bagian Akademik.
2.      Sistem ini membahas permasalah pada Bagian Akademik dan Bagian umum Pusat bahasa UIN Suska riau.

1.4 Tujuan
Membangun Sistem Informasi Mahasiswa dan Akademik Pusat Bahasa UIN SUSKA RIAU  yang dapat mengelola data laporan pada Pusat Bahasa UIN Suska  secara terkomputerisasi, sehingga menjadi suatu sistem yang terstruktur dan terorganisir.
1.5 Manfaat
1.      Menerapkan ilmu yang didapat di bangku kuliah pada dunia kerja yang sesungguhnya.
2.      Mengetahui kebutuhan pekerjaan di tempat PPL(Proyek perangkat lunak)
3.      Mendapatkan pengalaman yang berharga untuk dapat mengenal dunia kerja yang sesungguhnya.
4.      Memenuhi persyaratan kelulusan didalam menempuh materi mata kuliah PPL(proyek perangkat lunak) di UIN SUSKA RIAU pada Jurusan Teknik Informatika Program (S1).
1.6 Metodologi
Adapun metode pengerjaan dalam pelaksanaan kerja praktek ini adalah sebagai berikut:
1.      Pengumpulan data
a.       Studi Pustaka
Membaca dan mempelajari buku-buku dan literature yang berhubungan dengan pengembangan sebuah sistem dan pembuatan laporan.

b.      Wawancara (interview)
Model yang dimaksud ialah dengan mengajukan beberapa pertanyaan atau berupa aktivitas tanya jawab secara langsung terhadap Staff dari Pusat bahasa.

2.      Pengembangan sistem
a.         Analisa dan perancangan
Pada tahap ini peneliti melakukan analisa kebutuhan sistem serta melakukan perancangan terhadap sistem yang akan dibuat. Alat bantu yang digunkaan dalam analisa dan perancangan adalah Flowchart, Context Diagram, Data Flow Diagram, ER-Diagram, Struktur Aplikasi dan Model Sistem.

b.      Tahap Implementasi dan Pengujian
Merupakan tahap penyusunan perangkat lunak sistem (coding) dan pengujian (testing) apakah sistem dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengimplementasikan aplikasi ini maka dibutuhkan perangkat pendukung, perangkat tersebut berupa perangkat keras dan perangkat lunak.
Perangkat lunak dibutuhkan:
1.      Platform                            : Windows
2.      Bahasa Pemograman         : PHP
3.      DBMS                               : MySQL

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...