script PHP untuk koneksi ke database




wah udah lama neh gak nulis di blog,  stelah sekian lama menghilang dari dunia perbloggeran akhirnya punya kesempatan lagi untuk nulis di blog ne..   nah kali ne ane pengen berbagi informasi script php untuk membuat file koneksi ke database, emang sangat nubie sih,  tapi mana tau ada teman-teman yang belum tau gimana cara nya mengkoneksikan php yang udah dibuat ke database yang ada di localhost,  nah berikut ne ane tampilan contoh source code php untuk koneksi ke database yang ada di localhost :



<?php
$server ="localhost";
$username ="db_user";
$password ="db_pass";
$database ="database";
$konek =mysql_connect($server, $username,
$password)
or die ("Gagal konek ke server
MySQL".mysql_error());
$bukadb =mysql_select_db($database)
or die ("Gagal membuka databas
$database".mysql_error());
?>

untuk variabel $server diatas isikan dengan nama server web agan sperti localhost,
dan variabel $username isikan dengan nama pengguna pada database anda.
dan jika pada database localhost agan menggunakan password untuk memasuki phpmyadmin nya, maka pada variabel $password isikan dengan password pada phpmyadmin agan, tapi kalo gak pake password yaudah di kosongi aja..

kemudian setelah itu buat kondisi error nya jika database gagal terkoneksi


or die ("Gagal konek ke server
MySQL".mysql_error());
$bukadb =mysql_select_db($database)
or die ("Gagal membuka databas
$database".mysql_error());


mungkin cukup sekian untuk coding php membuat koneksi ke database, kalo ada yang mau ditanyakan langsung aja komen dibawah ini..   


wassalam...



1 Komentar

  1. nama saya ferdi masbro, saya mau tanya ni, saya udah buat script php dan html nya, saya gunain xampp, tp saya bingung gimana caranya pas ngentry data di localhost, datanya itu langsung terhubung dengan database...



    ##### trus, dengan tujuan table nya disini... #####



    #####################

    data yang di isikan dari form koneksi.html, masuk ke form check.php , tapi masalah nya datanya ga nempel, begitu di isi lagi dari awal, data yang pertama di isi akan hilang, saya masih pake lokalhost waktu praktekin nya,,,

    maaf masbro kalo koment nya panjang...

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak